Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu pada peserta didik, di mana di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tertentu. Pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan kepada anak-anak saat mereka di rumah saja tapi juga di sekolah.

Pendidikan karakter di sekolah merupakan elemen yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah di mana pendidikan ini mempunyai fungsi sebagai pembentuk karakter dan juga moral siswa dalam interaksinya di tengah-tengah masyarakat dalam keadaan dan situasi apa pun. Apalagi dalam situasi saat ini pandemic covid-19 yang masih terus berlangsung sampai saat ini, telah mengubah pembelajaran tatap muka di kelas dengan pembelajaran berbasis jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), pendidikan karakter harus terus dan tetap ditanamkan.

Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter  di sekolah menjadi tugas dari semua pihak yang terlibat di dalam usaha pendidikan, tak terkecuali Kepala Sekolah. Oleh karena itu, melalui seminar dalam jaringan tentang penerapan pendidikan karakter di lingkungan sekolah di sekolah berciri khas fransiskan sebagai gerakan praktis ditengah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.