Menyongsong era digital 5.0 yang ditandai dengan sangat pentingnya big data yang tersedia dan mudah diakses kapanpun. Menuntut tenaga operator yayasan dan sekolah yang profesional, handal dan berkompetensi dalam mendukung kelancaran, sinkronisasi, update data peserta didik/guru maupun tenaga kependidikan yang dikirim ke laman dapodikdasmen. Sehingga terkumpul, tersaji data-data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Agar performa kerja dan pelayanan operator dapodikdasmen di lingkungan YPSB dan Yayasan LPK yang di koordinasi oleh MPK KAP semakin meningkat, maka yayasan memandang perlu untuk melakukan kegiatan bimbingan teknis, pelatihan dan penyegaran bagi tenaga Operator Dapodikdasmen yang berada di lingkungan YPSB maupun Yayasan LPK yang di koordinasi oleh MPK KAP, sehingga semakin paham dan profesional dengan tugasnya serta siap menghadapi setiap perubahan menyongsong era digital 5.0.

Kegiatan mandiri Bimbingan dan Pelatihan Petugas Operator Dapodikdasmen dengan Narasumber dan Instruktur dari Tim ICT Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Pontianak Kota, di mulai dari tanggal 19 sampai dengan 22 Agustus 2020. Kegiatan di lakukan dengan tatap muka terbatas dibagi ke dalam 3 gelombang dengan per gelombang terdiri dari 20 peserta dengan menggunakan secara ketat dan disiplin protokol kesehatan.

Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kompetensi dan profesionalisme petugas operator sekolah dan yayasan di lingkungan Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder dan Yayasan LPK dalam mengelola database sekolah dan yayasan yang up to date setiap saat menyongsong era digital 5.0. Walaupun dalam situasi pandemi harus tetap produktif, kreatif dan inovatif.