Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2022

Estimated read time 4 min read

Tidak terasa hampir tiga tahun usaha-usaha yayasan dan unit sekolah berinovasi, berkolaborasi, bertransformasi dengan platform Kemendikbudristek yaitu merdeka belajar. Melalui konsorsium bersama Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina, Yayasan Persekolahan Katolik Keuskupan Agung Merauke, dan Yayasan Perguruan Masyarakat Kalimantan Barat. Bersama para kepala sekolah yang holistik dan guru yang berkarakter ; melalui program , organisasi penggerak, sekolah penggerak, kepala sekolah penggerak, guru penggerak dengan banyak inovasi kolaborasi dalam pelatihan, seminar, pendampingan dan penguatan peningkatan terus menerus meningkatkan kompetensi kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan.

Banyak hal yang telah kita lewat melalui derasnya arus, kuatnya angin, deburan ombak untuk mencapai tujuan merdeka belajar. Ketangguhan kita ini didorong oleh semangat untuk terus bergerak, berbenah, berubah dan berbuah. Meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak sesuai lagi dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaharuan yang membawa kita melompat ke masa depan yang lebih baik lagi.

Mungkin sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan satuan pendidikan. Memang pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih berkutat dalam zona nyaman itu artinya kita tidak berubah. Banyak orang yang tidak mau melangkah ke tempat yang dalam karena rasa enggan meninggalkan zona nyaman yang ada pada dirinya.

Boleh jadi yang paling sulit yang kita hadapi adalah melakukan hal yang lama dengan cara yang baru. Bersama-sama membuka diri guna merespon tantangan untuk menjangkai lebih banyak jiwa yang haus akan pendidikan yang lebih baik, bersama Sang Guru Sejati dengan sepenuh jiwa dan hati.

Tuhan tidak pernah mempertanyakan kemampuan dan ketidakmampuan kita, Tuhan hanya meminta kesediaan kita untuk taat. Ketaatan kepada Tuhan memampukan kita menunaikan tugas yang dipercayakan kepada Tuhan Sang Guru Sejati.

Kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan terus membuat berkolaborasi praktek-praktek baik pembelajaran, yang bisa dibagikan satu sama lain. Terima kasih kepada kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang mau mencoba hal-hal baru yang baik, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi. Menomorsatukan peserta didik dalam setiap keputusannya, yang mampu menjadi mentor bagi guru-guru yang lain, dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam memperjuangkan yang terbaik bagi peserta didik.

Terus memprioritaskan kebutuhan yang terbaik untuk peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dan berinovasi.

Sesuai visi dan misi yayasan juga terus berinovasi, terus melakukan perubahan cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan pelayanan terbaik pagi semua unit karya dan sekolah. ide-ide brilian juga memerlukan tenaga dan finansial yang tidak sedikit. Namun dengan semangat gotong royong, subsidiaritas, menanggung tugas perutusan bersama dalam suka dan duka, berinovasi dan berkolaborasi kita terus dimampukan membawa kapal ini menuju dan melewati tempat yang dalam untuk menjangkau lebih banyak jiwa yang haus akan pendidikan dan masa depan yang baik.

Dari kedangkalan menuju kedalaman, dari iman yang dipermukaan menuju iman yang lebih dalam sehingga kita lebih mempunyai wawasan, pengetahuan, semangat, keberanian, kasih, sukacita dan damai sejahtera yang lebih dalam.

Melalui dukungan terus menerus usaha-usaha baik pemerintah untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas dan memerdekakan. Indonesia bangkit, Indonesia pulih, Indonesia Kuat, Indonesia maju.

Terus mendayung dan bentangkan layar kapal ini tanpa kenal lelah, dengan serempak dan serentak berinovasi dan bertransformasi, mewujudkan merdeka belajar di seluruh penjuru Nusantara.

Dalam semangat “Simpliciter et confidenter” – keserderhanaan dan kepercayaan terus menanggapi situasi zaman terus membangun persaudaraan sejati terus berinovasi berkolaborasi mendampingi kaum muda (peserta didik) dalam pendidikan agar semakin cerdas, beriman, bertakwa, penuh kasih, terus merawat kebinekaan, mampu merawat bumi dan alam ini  yang tidak kawatir dan takut untuk menghadapi dan meraih masa depan yang lebih baik.

Referensi :

Webiste

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/11/sambutan-mendikbudristek-pada-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2022

Buku

  1. Huijbergen dan Ujung-Ujung Bumi, Rob Wolf. 2004
  2. Garis Kebijakan Lembaga Karya Kongregasi Bruder MTB, 2017
  3. Penjuru Abad Baru – 100 Tahun Kongregasi Bruder MTB Berkarya di Indonesia, 2021
  4. Riwayat Hidup Mgr. Joannes van Hooydonk Uskup Breda 1782 – 1867 “Bapa Pendiri Konggregasi Bruder MTB dalam misi pendidikan dan pengajaran”, 2022
  5. Rencana Strategis dan Program Kegiatan Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder, 2022

You May Also Like

More From Author